Reksadana Tokopedia Review 2022

reksadana tokopedia review

Reksadana Tokopedia Review – Reksa dana adalah bentuk investasi yang terjangkau, mudah, aman dan menguntungkan. Hal ini berlaku bahkan untuk investor dengan dana terbatas. Misalnya reksa dana bisa dibeli mulai dari Rp 10.000.

Konsep reksa dana adalah investasi kolektif, jadi kami menyerahkan uangnya kepada manajer investasi, yang kemudian dikumpulkan oleh manajer investasi dan digunakan untuk berinvestasi lebih lanjut dalam produk investasi yang teridentifikasi.

Sudah ditetapkan? Ya, jadi setiap produk reksa dana diatur secara ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan, sehingga manajer investasi tidak bisa membeli produk investasi dengan seenaknya. Setiap produk yang dapat dimasukkan ke dalam produk reksa dana akan dicantumkan dalam prospektus.

Anda harus membaca prospektus ini sebelum membeli reksa dana. Sebenarnya ada banyak hal penting. Ini adalah spesifikasi produk dan kontrak antara investor dan pengelola dana.

Kini, salah satu channel untuk membeli produk reksa dana adalah marketplace Tokopedia yang merupakan hasil kerjasama dengan Bareksa sebagai Agen Penjual Reksa Dana (APERD).

Ada dua jenis produk reksa dana yang dijual melalui Tokopedia, yaitu Syailendra Dana Kas (Reksa Dana Tradisional) dan Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra (Reksa Dana Syariah). Keduanya adalah reksa dana pasar uang.

Apa itu Reksadana Tokopedia?

Apa itu reksa dana pasar uang? Reksa dana pasar uang adalah reksa dana yang investasinya terutama pada produk pasar uang yaitu deposito berjangka dan surat utang dengan jangka waktu (maturity) kurang dari 1 tahun. Di dunia reksa dana, RD pasar uang adalah yang paling tidak berisiko.

Mengapa risikonya rendah? Karena kendaraan investasi berisiko rendah. Simpanan relatif aman, karena sektor perbankan Indonesia sangat diatur dan kemungkinan likuidasi bank saat ini rendah. Kedua, surat utang relatif aman, terutama obligasi pemerintah, karena dijamin oleh pemerintah.

Reksa dana juga bersifat likuid, atau mudah ditarik atau ditarik dananya kapan saja. Keuntungan dari reksa dana juga bebas pajak.

Jika investasinya adalah deposito, mengapa tidak membuka deposito? Banyak alasan. Salah satunya adalah jumlah investasi.

Kedua, hasilnya berbeda. Hal ini karena reksa dana memiliki daya tawar terhadap bank dan karenanya dapat memperoleh suku bunga yang lebih tinggi.

Tawar-menawar bunga ini bisa terjadi karena dana dari manajer investasi besar dan lebih besar dari yang ditetapkan LPS. Pemilik dana besar seringkali mendapatkan perlakuan istimewa dari bank, termasuk suku bunga yang lebih tinggi.

Ketiga, lebih cair. Jika tidak memungkinkan untuk menarik deposito tetap Anda setiap saat, Anda dapat menarik reksa dana Anda kapan saja. Padahal, di Tokopedia pembayarannya instan (T+0), sedangkan di tempat lain butuh 1-2 hari untuk pencairan dana.

Tinggalkan komentar